25.7.10

Andy Lau VS Tony Leung

ANDY LAU TAK-WAH

Andy Lau dikenal sebagai penyanyi dan aktor film Asia asal China. Debut aktingnya sejak 1980-an, saat berperan dalam film serial TV yang disiarkan stasiun TVB, HUNTING (1982). Menyusul kemudian di tahun yang sama, ia membintangi BOAT PEOPLE.

Pada 1983, Lau juga terkenal dengan perannya sebagai Yang Guo (Yoko) dalam serial THE RETURN OF THE CONDOR HEROES. Lewat film itu juga akhirnya ia dipercaya membintangi film produksi Shaw Brothers, ON THE WRONG TRACK.

Lau dalam sejarahnya telah membintangi ratusan film yang diedarkan ke Asia. Peran besarnya juga ditunjukkan saat membintangi KING OF GAMBLERS. Menyusul kemudian film A FIGHTER'S BLUE (2000) dan RUNNING OUT OF TIME (2000).

Sementara karirnya di dunia musik, diawali pada 1985, saat mendapat kontrak menyanyi musik daerah Hongkong. Ia tergolong sukses, sejajar dengan Jacky Cheung, Aaron Kwok, dan Leon Lai. Sehingga mereka juga disebut sebagai The Cantopop Four Heavenly Kings. kapanlagi.

TONY LEUNG CHIU-WAI

Tony Leung Chiu Wai (lahir 27 Juni 1962) adalah seorang aktor film layar lebar dan mantan aktor televisi. Tony Leung yang satu ini berbeda dari aktor lainnya yang bernama mirip, Tony Leung Ka-Fai.

Lahir di Hong Kong, Tony Leung dibesarkan dalam keluarga berorangtua-tunggal. Pada 1982, setelah lulus dari kursus latihan stasiun televisi TVB, Tony Leung menjadi aktor dan menjadi terkenal akan peran-peran komedinya di TV dan film. Selama kariernya dia telah menunjukkan kemampuan berperannya dalam sekitar 60 film.

Banyak yang menganggap peran pentingnya yang membuat namanya melejit adalah dalam film arahan John Woo buatan tahun 1992, Hard Boiled di mana dia berakting bersama Chow Yun-Fat. Meskipun begitu, Leung memperoleh ekspos internasional untuk pertama kali melalui film tahun 1989, A City of Sadness, yang memenangi Piala Singa Emas Venesia.

Tony Leung sering bekerja sama dengan sutradara Wong Kar-wai dan telah muncul dalam banyak filmnya. Perannya yang paling terkenal dalam film-film Wong termasuk polisi yang kesepian dalam Chungking Express (1994), sebagai ekspatriat Tionghoa yang tinggal di Argentina dalam Happy Together (1997), dan sebagai korban selingkuh yang tertindas dalam In the Mood for Love (2000), di mana untuk perannya tersebut dia meraih penghargaan Aktor Terbaik dalam Cannes.

Dia dianggap oleh banyak orang sebagai aktor terbaik Hong Kong untuk generasinya. Tony merupakan sahabat akrab dengan aktor dan komedian Stephen Chow. Pasangan hidupnya sejak tahun 1989 adalah aktris Carina Lau. Keduanya menikah pada 21 Juli 2008 di Bhutan.

Leung juga mempunyai karier menyanyi Cantopop (musik pop Hong Kong) namun tidak begitu aktif. wikipedia.

TODAY DIRECTORY © 2008 today directory.

TOPO