21.7.10

Kasihan Anak Tuna Netra Ini...

Seorang warga Dusun Pencil, Desa Bendung, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kebingungan untuk menyekolahkan anaknya yang menyandang cacat mata atau tuna netra. Pasangan suami istri, Giyono (40) dan Kaminem (37) itu, di Semin, Gunung Kidul, Selasa, pun terpaksa menyekolahkan anaknya di sekolah umum.

Anak perempuannya, Farida Mustakhul Jannah (5) menyandang tuna netra sejak lahir. "Kami bingung harus menyekolahkan Farida ke mana, karena sekolah khusus penyandang tuna netra di daerah itu jaraknya jauh dari rumah kami," kata Kaminem. Ia mengatakan tidak ada yang bisa mengantar dan menjemput anaknya itu jika bersekolah di sekolah khusus penyandang tuna netra tersebut, karena suaminya bekerja sebagai buruh bangunan di luar daerah.

"Suami saya bekerja sebagai buruh bangunan di kota Yogyakarta, sehingga tidak memungkinkan untuk antar jemput Farida apabila bersekolah di sekolah khusus tersebut," tutur dia. Oleh karena itu, kata dia, Farida terpaksa sekolah di Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiah Bustanul Athfal (ABA) Widoro, dengan pertimbangan jaraknya relatif dekat dengan rumahnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK ABA Widoro Ibtidaiyah mengatakan pihaknya bisa menerima siswa penyandang tuna netra ini karena pertimbangan tidak tega melihat Farida, apalagi kondisi ekonomi keluarganya yang tergolong tidak mampu. "Kami tidak tega menolaknya, tetapi kami sebelumnya pernah menyarankan agar Farida didaftarkan di sekolah anak berkebutuhan khusus (ABK) agar potensi maupun bakat yang dimilikinya bisa dikembangkan optimal," katanya. Ibtidaiyah mengatakan pihaknya sekarang justru yang kebingungan setelah menerima anak tersebut menjadi murid di TK ABA Widoro, terkait dengan mata pelajaran apa yang akan diberikan kepada Farida setiap hari.

Kaminem mengatakan Farida mengalami kebutaan sejak lahir, sama seperti kakak kandungnya, Rizal Fauzi Saputro (16) yang juga menyandang tuna netra sejak lahir. "Kami memiliki tiga anak, Farida adalah anak nomor tiga atau bungsu. Anak sulung kami bernama Qori Hanifah, dan adiknya yaitu Rizal, sama seperti Farida menyandang kebutaan sejak lahir," ungkap dia.

==========================================================================

==========================================================================

TODAY DIRECTORY © 2008 today directory.

TOPO